Panduan Awal Untuk Menangkar Burung Trucukan

Artikel terkait : Panduan Awal Untuk Menangkar Burung Trucukan


Menangkar burung trucukan memang menjadi dilema tersendiri bagi sebagian peternak. Karena di satu sisi, beternak trucukan secara ekonomi kurang menjanjikan, karena nilai jualnya relatif masih rendah. Di sisi lain, spesies ini perlu diselamatkan dari ancaman kepunahan, untuk itu perlu upaya budidaya. Mari kita belajar beternak burung trucukan dari Om Widido dari berbah. 

Sebelum dibahas mari kita sejenak membaca ulasan mengenai mengapa anda harus beternak trucukan. Berikut peluang bisnis dari usaha penangkaran burung trucukan, antara lain :

• Mencetak trucukan untuk babu / induk asuh / baby sitter yang dibutuhkan dalam breeding cucakrowo. Meski pamor cucakrowo di arena lomba menurun, permintaan pasar terhadap burung ini masih sangat tinggi. Harga juga relatif stabil, di mana anakan rata-rata seharga Rp 3 juta. Pemakaian trucukan sebagai baby sitter jelas membuat indukan cucakrowo makin produktif.

• Mencetak trucukan berkualitas, untuk disilangkan dengan kutilang, kutilang emas, kutilang sutera, dan spesies dalam genus Pycnonotus lainnya. Kalau breeder Malaysia dan Thailan mampu mencetak kutilang hibrida, hasil persilangan antara kutilang jambul (Pycnonotus jocosus) dan trucukan, mengapa kita tidak bisa melakukan hal serupa? Bukan tak mungkin hasil persilangan ini kelak menempati kelas tersendiri di arena lomba, atau minimal menjadi penyanyi merdu di rumah.

• Meningkatkan mutu genetik trucukan, dalam arti tetap dikawinkan dengan sesama trucukan, dan dijual dalam kondisi anakan, burung muda, maupun burung jadi.

Cara Beternak
 
Setelah mengetahui alasan kenapa harus beternak trucukan, mari selanjutnya kita menyimak cara beternak trucukan yang dilakukan oleh  Om Widodo. 

Setelah melalui tahap pengenalan, induk jantan dan betina yang sudah berjodoh bisa langsung dimasukkan ke dalam kandang penangkaran. Sediakan beberapa tempat sarang, yang diletakkan di beberapa lokasi strategis di dalam kandang. Hal ini untuk memudahkan burung memilih sarang yang diinginkan.

Sebagian bahan sarang disusun dalam tempat sarang, sebagian lagi disebar di lantai kandang atau  ranting / tenggeran, untuk memancing kedua induk agar mau kawin dan segera unjal (angkut sarang).
Wadah atau baskom berisi air diletakan di dasar kandang, yang berfungsi sebagai bak mandi bagi kedua induk untuk mandi bersama. seperti yang biasa dilakukan burung trucukan di alam liar.

Untuk mempercepat birahi kedua burung, agar segera kawin, berikan pakan berkadar protein tinggi. Sumber protein tinggi bisa berasal dari extra fooding (EF) seperti jangkrik atau belalang. Jika perlu, sediakan jangkrik dalam jumlah tak terbatas (ad libitum), alias sekenyangnya. Buah-buahan dianjurkan yang berwarna merah.

Selain itu, penggunaan BirdMature juga dapat mendongkrak birahi kedua induk sehingga bisa segera kawin. Manfaat lain dari suplemen khusus burung penangkaran ini adalah meningkatkan persentase telur fertil, serta meningkatkan jumlah telur yang menetas, juga meningkatkan derajat kesehatan anakan yang baru menetas.

Selama tiga hari pertama sejak dimasukkan ke kandang penangkaran, sebisa mungkin terus memantau kedua induk, syukur-syukur bisa menyaksikan sendiri proses perkawinan mereka. Sebab, kalau proses perkawinan tak terpantau, kita tak akan segera tahu apakah telur-telur yang dikeluarkan induk betina fertil atau infertil.

Menjadi sia-sia jika telur yang berhari-hari dierami, ternyata gagal menetas karena sejak awal memang tidak pernah dibuahi sel sperma yang dipancarkan burung jantan.

Jika induk sudah mulai unjal, mengangkut bahan sarang di lantai menuju tempat sarang pilihannya, singkirkan tempat sarang lain yang tidak digunakan. Setelah induk betina bertelur dan mengerami telurnya, kita tinggal memantau induk jantannya.

Jika sering mengganggu induk betina, seperti pengalaman Om widodo, Anda bisa memasukkan induk jantan ke dalam sangkar, namun sangkar masih berada di dalam kandang penangkaran.

Apabila telur sudah menetas, porsi pakan khususnya EF dan buah-buahan harus ditambah karena induk bawa anakan. Untuk tahap awal, biarkan anakan diasuh induknya sampai bisa mandiri. Kelak, apabila sudah benar-benar mahir, Anda bisa memanen anakan pada umur 7 hari untuk diloloh sendiri, agar induk bisa berproduksi kembali.

“Kunci keberhasilan dalam breeding burung memang harus mempelajari sifat, perilaku, karakter, dan kemauan burung. Terkadang  setiap individu burung juga punya talent berbeda-beda untuk dijadikan calon indukan. Ini yang harus terus kita pelajari,” pesan Om Widodo kepada breeder pemula dan calon breeder lainnya.

Artikel Hobi Hewan Peliharaan Lainnya :

4 komentar:

  1. forextranding
    Mau investasi tapi bingung dengan keamanan dana?

    Anda punya uang tapi tidak punya waktu

    Tenang kami punya solusinya untuk anda.

    Whatsapp:085 656 145 687

    Contoh.. Titip 10 jt get 12.500.000 jt
    Jangka 7 hari
    Hasil 12.500.000 bersih lansung masuk ke rekening anda

    Profit 20%

    Profit 25%

    Profit 35%

    Profit 45%

    Kami Memiliki Beberapa Tim Kinerja dan Wakil Pialang Yang Andal dan Bertanggung jawab yang SUDAH TERDAFTAR DI BAPPEBTI sehingga Investasi Anda dapat Berjalan sesuai Yang di harapkan Bersama

    Dengan sistem bagi hasil yang kami Terapkan kami yakin kami bisa dan akan mampu bertahan selama mungkin

    Jikalau up 55% maka member yg titip dana menerima hasil total 1.200.000 dan jikala member lagi butuh dana bisa langsung di cairkan proses 30 menit sesuai rekening yang di daftar kan.
    Minimal penitipan 24 jam maksimal TDK terbatas
    Alhamdullilah...
    ♡ Terimah kasih masih mempercayai saya untuk investing dana nya ya :)
    Info hari ini lebih cepat ya karena ada pembagian cashback.

    DONE PENCAIRAN FAST.
    SILAHKAN CEK KE REK MASING" 👌

    OPEN MEMBER FAST !! 🥇 PLAN FAST 🥇
    🌑 1.000.000 GET 1.200.000 /jangka 7 hari
    🌕 2.000.000 GET 2.400.000 /jangka 7 hari
    🌕 3.000.000 GET 3.600.000/jangka 7 hari
    🔴 5.000.000 GET 6.250.000 /jangka 7 hari
    🔴 6.000.000 GET 7.500.000/jangka 7 hari
    🌕 7.000.000 GET 8.750.000/
    jangka 7 hari
    100% 💯✔
    MAKIN BANYAK MAKIN BAGUS
    "TITIP PERMINGGU"
    Up 20%25%30%45% pengerjaan 24 jam
    Bagus kalo dana banyak
    🔸️ HASIL NYA TAMPA DI BAGI✔
    🔸️ PENCAIRAN SETIAP ✔
    Jikalau mau join. Silahkan isi format join dan pencairan nya ya boss

    BalasHapus
  2. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus
  3. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus

Mari berdiskusi melalui kotak komentar. Terima kasih..

Copyright © 2015 Hobi Hewan Peliharaan | Design by Bamz