Cara Membuat Jamu Ampuh Untuk Merpati

Artikel terkait : Cara Membuat Jamu Ampuh Untuk Merpati

Pemberian jamu pada merpati penting dilakukan bagi pemain merpati balap, tinggian, kolong, atau merpati pos. Karena dengan  pemberian jamu daya tahan tubuh merpati akan selalu terjaga sehingga dapat menghindari terserang penyakit. Selain itu jamu juga dapat menambah stamina waktu terbang latih maupun saat lomba. Langsung saja langkah – langkahnya sebagai berikut:

Bahan:
1.   Madu alam murni 10 sendok makan.
2. Tepung kunyit/kunir sebanyak 10 sendok makan
3.   Temu kunci 1 ujung jempol dewasa
4.   Ubi rumput teki cukup 5 buah saja
5.    Sarang burung walet (kalau ada/tidak wajib)
6.   Gula aren 1/2
7.   Wangse secukupnya
8.   Jinten ireng 1 Butir
9.    Sun beras merah bubuk secukupnya 
10.   Kopi bubuk 1 sendok makan

Baca juga:
Tips Lengkap Mencetak Merpati Kolongan Juara 
\Woow, Merpati Terbang Rendah di Jalan Raya Hingga 100km/jam
 
Kenapa tidak ada telur di dalam resep bahan di atas?? Karna telur mengandung bahan yang mudah basi dan menimbulkan jamur. Dan itu pastinya tidak baik untuk merpati dan juga jamu ini tidak habis dalam sehari. Jamu ini bisa buat kebutuhan ke depan.

Bahan - bahan yang di atas sudah cukup untuk membuat jamu, tapi  jika anda ingin menambahkan bahan - bahan lain di persilahkan saja. Namun saran saya jangan sekali - kali andat menyampurkan bahan -bahan yang menimbulkan panas berlebih,  seperti : lada , daging kambing dan lain sebagainya

Jika bahan - bahan di atas sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalah membuatnya, cara pembuatannya sebagai berikut :

1.  Pertama temu kunci dibakar kemudian diparut atau ditumbuk hingga halus lalu campurkan dengan tepung kunyit dan kencur. Kalau tidak ada tepung kunyit dan kencur anda bisa menghaluskan sendiri dengan cara ditumbuk atau memblendernya.
2.  Selanjutnyab umbi rumput teki dibakar lalu diparut atau ditumbuk hingga halus. Tepung  kunyit dan kencur atau tumbukan kencur/kunyit  tadi di campurkan.
3.   Sarang burung walet di gerus halus .
4.  Jika semua yang berbahan rempah - rempah sudah halus maka selanjutnya  anda campurkan semuanya ke wadah, bisa  mangkuk atau panci kecil.

Urutan memasukan ke dalam mangkuk/panci :
1.    Yang pertama masukan tepung kunyit atau kunyit halus terlebih dahulu
2.    Lalu yang kedua masukan tepung kencur atau kencur yang sudah halus
3.    Yang ketiga masukan rumput teki yang sudah di haluskan
4.    Ke empat masukan Jinten Ireng
5.    Kelima Masukan Wangse
6.    Dan yang terakhir masukan Sun Bubuk 

Kalau semua bahan sudah di masukkan maka langkah selanjutnya adalah mengambil wajan yang ada di dapur untuk memanaskan bahan-bahan tadi.

Setelah wajan di panaskan maka anda boleh memasukkan bahan yang pertama adalah Gula Aren agar mencair terlebih dahulu dan di susul yang ada di mangkuk tadi. Dan perlu diingat, jangan terlalu panas wajannya dan sambil di aduk aduk hingga tercampur merata.

Selanjutnya tambahkan sedikit air, pastikan bahan yang anda masukkan tercampur dengan baik sehingga menyerupai Dodol, ini menandakan racikan jamu anda telah sukses. Dan bahan jamu kita angkat dari wajan dan Lalu kita tiriskan. Setelah menjadi hangat anda campurkan bahan yang belum di masukkan, yaitu: madu dan kopi. Aduk lagi sampai merata dan seperti dodol lagi, jika sama persis dengan dodol makan lebih sukses.

Langkah Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah :
1.    Jemur diterik matahari sampai setengah kering.
2.    Lalu kemudian buat butiran – butiran pil kecil sebesar jagung.
3.    Jemur lagi sampai kering dan siap sebagai jamu ampuh untuk merpati kesayangan anda.

Pemberian :
Pada saat merpati latihan, berikan tiap malam sebelumny dan dalam kondisi istirahat cukup. Berikan 2 – 3 hari sekali 1 butir. Dan akan lebih baik jika di tambah suplemen telur jawa asli, pemberiannya melalui di sepet ke mulutnya memakai suntikan. Jika telur jawa asli langsung masuk ke tubuhnya maka proses kandungan nutrisinya akan lebih baik.

Asupan tambahan 2 hari sebelum latihan :

Tambah asupan hati ikan laut yang telah dikeringkan secukupnya, karena hati ikan laut mengandung kadar garam yang tinggi dan protein yang cukup.

Alternatif tambahan:
1.  Untuk stamina berikan saja secara rutin Gula jawa (catatan Gula jawa harus asli bukan campuran gula pasir) lebih bagus gula aren.
2.  Udang segar. Udang segar mengandung banyak protein sama seperti telur. udang banyak dijual di pasar ikan atau cari di sungai atau kolam ikan.
3. Untuk Vitamin berikan saja setiap hari buah Tomat (bukan Tomat sayur). Tomat sudah mengandung Vit A, Vit C, Vit B dan anti oksidan yang bagus buat merpati.
4.   Daun pepaya muda diberikan setiap pagi sore untuk daya tahan tubuh merpati agar terhindar dari penyakit.

Sekian, semoga bermaanfaat. Salam penghobi merpati.

Artikel Hobi Hewan Peliharaan Lainnya :

1 komentar:

Mari berdiskusi melalui kotak komentar. Terima kasih..

Copyright © 2015 Hobi Hewan Peliharaan | Design by Bamz